Berikut ini merupakan beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan pada proses belajar mengajar. Dengan adanya
metode – metode ini, diharapkan siswa dapat belajar aktif dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Metode – metode tersebut adalah :
1.
Metode Everyone is teacher here
Pada
metode ini, siswa diharuskan membaca dan juga memahami materi dan sekaligus
menyiapkan 2 buah soal dalam waktu 20 menit. Semua siswa mengumpulkan soal –
soal yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa. Kemudian guru membagikan setiap
soal yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa tapi pemberian soal tidak pada si
empunya soal. Setiap siswa membacakan soal dan jawaban untuk pertanyaan yang
diajukan padanya. Siswa yang lain bersama – sama dengan guru menjadi penilai
apakah jawaban dari pertanyaan benar atau salah. Setelah seluruh siswa
menyelesaikan semua soal maka bagi siswa yang memiliki skor rendah akan
mendapatkan hukuman.
2.
Metode Listening Team
Pada
metode ini seluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok membahas
dan mendiskusikan materi pelajaran selama 15 menit. Guru membuat undian atau
cabut kertas untuk menentukan tugas dari setiap kelompok. Tugas tersebut dapat
dilihat pada tabel berikut ini.
No
|
Nama
Team
|
Peran
|
Tugas
|
1.
|
Team
A
|
Penanya
|
Merumuskan
Pertanyaan
|
2.
|
Team
B
|
Pendukung
|
Menjawab
Pertanyaan
|
3.
|
Team
C
|
Penentang
|
Membandingkan
/ Menguraikan
|
4.
|
Team
D
|
Penarik
Kesimpulan
|
Menyimpulkan
Materi
|
3.
Metode Team Quiz
Pada
metode ini seluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok masing –
masing berdiskusi mengenai materi dan sekaligus merumuskan 3 buah soal selama
20 menit. Kelompok A akan mengajukan pertanyaan yang telah dirumuskan kepada
kelompok B, C, dan D. Begitu juga dengan kelompok – kelompok yang lainnya.
Apabila kelompok wajib tidak bisa menjawab maka akan dilemparkan ke kelompok
lain dan akan menjadi nilai tambahan untuk kelompok yang menjawab. Apabila
semua kelompok tidak dapat menjawab, maka akan diberikan nilai untuk kelompok
pembuat soal, bagi kelompok yang memiliki nilai rendah akan dihukum oleh
kelompok yang memiliki nilai tertinggi.
4.
Index Card Match
Setiap
siswa membuat 20 buah potongan kertas dan potongan tersebut dibagi menjadi 2
bagian dimana bagian yang pertama untuk soal dan bagian yang kedua untuk
jawaban. Siswa menulis soal dan jawaban pada kertas yang telah disediakan. Soal
dan Jawaban tadi akan diaduk supaya tercampur. Seluruh siswa akan mencari
pasangan jawaban yang telah dibuat temannya selama 10 menit, bagi siswa yang
paling cepat dan paling tepat memasangkan kartu itulah pemenangnya dan peserta
yang tidak berhasil akan diberi hukuman.
5.
Metode TGT (Team Games Tournament)
Seluruh
siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diberi instruksi untuk membaca materi
selama 10 menit. Setiap kelompok diberikan 5 buah soal yang sama untuk dijawab.
Kelompok tercepat menjawab soal dengan benar akan menjadi pemenang di babak I.
Setelah pemenangnya ditentukan, setiap kelompok yang menang akan menunjuk
seorang juru bicara. Apabila juru bicara menyela sebelum soal selesai dibacakan
akan di diskualifikasi. Pemenenag Pertama dalam babak I akan menjadi pembaca
soal yang pertama. Soal ini dapat dijawab oleh kelompok lain. Kelompok yang
bisa menjawab soal dengan benar akan menjadi pembaca soal. Apabila tidak ada
kelompok yang menjawab soal maka nilai tambahan akan diberikan untuk kelompok
pembaca soal. Kelompok yang mendapat poin terendah akan mendapatkan hukuman.
6.
Metode Bermain Peran
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai
dengan topik materi pembelajaran. Setiap kelompok berlatih peran sesuai dengan
materi selama 30 menit. Setiap kelompok memerankan peran sesuai dengan yang
telah dilatih.
7.
Metode Cooperative Script
Guru
membagi siswa menjadi 2 kelompok. Guru memberikan materi yang berbeda kepada
masing – masing kelompok. Masing – masing kelompok akan berdiskusi sesuai
materi yang diberikan. Ketika kelompok pertama menjelaskan hasil diskusi
kelompok 2 menjadi pendengar dan harus bisa mengulang kembali apa yang
dijelaskan oleh kelompok pertama. Kelompok yang tidak tepat menjelaskan kembali
akan diberikan hukum
8.
Metode Developing
Guru
membagi peserta menjadi beberapa kelompok, masing – masing kelompok terdiri
dari 2 orang. Setiap kelompok mencatat kosa kata yang sulit dipahami atau kata
– kata yang penting. Setelah itu kata – kata tersebut di list dan dicatat
kemudian dikumpulkan. Setelah itu dibagikan kepada kelompok lain untuk di
diskusikan dan dikembangkan. Kemudian list tersebut akan diberikan kembali pada
kelompok awal yang menlist kosakata untuk dipahami kembali. Apabila kelompok
awal masih kurang jelas akan diajukan pertanyaan kepada kelompok yang sudah
mengembangkan. Guru akan memberikan simpulan untuk kegiatan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar