Jumat, 06 Maret 2015

Metode - metode Belajar

Berikut ini merupakan beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan pada proses belajar mengajar. Dengan adanya metode – metode ini, diharapkan siswa dapat belajar aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode – metode tersebut adalah :
1.      Metode Everyone is teacher here
Pada metode ini, siswa diharuskan membaca dan juga memahami materi dan sekaligus menyiapkan 2 buah soal dalam waktu 20 menit. Semua siswa mengumpulkan soal – soal yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa. Kemudian guru membagikan setiap soal yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa tapi pemberian soal tidak pada si empunya soal. Setiap siswa membacakan soal dan jawaban untuk pertanyaan yang diajukan padanya. Siswa yang lain bersama – sama dengan guru menjadi penilai apakah jawaban dari pertanyaan benar atau salah. Setelah seluruh siswa menyelesaikan semua soal maka bagi siswa yang memiliki skor rendah akan mendapatkan hukuman.

2.      Metode Listening Team
Pada metode ini seluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok membahas dan mendiskusikan materi pelajaran selama 15 menit. Guru membuat undian atau cabut kertas untuk menentukan tugas dari setiap kelompok. Tugas tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.
No
Nama Team
Peran
Tugas
1.
Team A
Penanya
Merumuskan Pertanyaan
2.
Team B
Pendukung
Menjawab Pertanyaan
3.
Team C
Penentang
Membandingkan / Menguraikan
4.
Team D
Penarik Kesimpulan
Menyimpulkan Materi


3.      Metode Team Quiz
Pada metode ini seluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok masing – masing berdiskusi mengenai materi dan sekaligus merumuskan 3 buah soal selama 20 menit. Kelompok A akan mengajukan pertanyaan yang telah dirumuskan kepada kelompok B, C, dan D. Begitu juga dengan kelompok – kelompok yang lainnya. Apabila kelompok wajib tidak bisa menjawab maka akan dilemparkan ke kelompok lain dan akan menjadi nilai tambahan untuk kelompok yang menjawab. Apabila semua kelompok tidak dapat menjawab, maka akan diberikan nilai untuk kelompok pembuat soal, bagi kelompok yang memiliki nilai rendah akan dihukum oleh kelompok yang memiliki nilai tertinggi.

4.       Index Card Match
Setiap siswa membuat 20 buah potongan kertas dan potongan tersebut dibagi menjadi 2 bagian dimana bagian yang pertama untuk soal dan bagian yang kedua untuk jawaban. Siswa menulis soal dan jawaban pada kertas yang telah disediakan. Soal dan Jawaban tadi akan diaduk supaya tercampur. Seluruh siswa akan mencari pasangan jawaban yang telah dibuat temannya selama 10 menit, bagi siswa yang paling cepat dan paling tepat memasangkan kartu itulah pemenangnya dan peserta yang tidak berhasil akan diberi hukuman.


5.      Metode TGT (Team Games Tournament)
Seluruh siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diberi instruksi untuk membaca materi selama 10 menit. Setiap kelompok diberikan 5 buah soal yang sama untuk dijawab. Kelompok tercepat menjawab soal dengan benar akan menjadi pemenang di babak I. Setelah pemenangnya ditentukan, setiap kelompok yang menang akan menunjuk seorang juru bicara. Apabila juru bicara menyela sebelum soal selesai dibacakan akan di diskualifikasi. Pemenenag Pertama dalam babak I akan menjadi pembaca soal yang pertama. Soal ini dapat dijawab oleh kelompok lain. Kelompok yang bisa menjawab soal dengan benar akan menjadi pembaca soal. Apabila tidak ada kelompok yang menjawab soal maka nilai tambahan akan diberikan untuk kelompok pembaca soal. Kelompok yang mendapat poin terendah akan mendapatkan hukuman.

6.      Metode Bermain Peran
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan topik materi pembelajaran. Setiap kelompok berlatih peran sesuai dengan materi selama 30 menit. Setiap kelompok memerankan peran sesuai dengan yang telah dilatih.
7.      Metode Cooperative Script
Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok. Guru memberikan materi yang berbeda kepada masing – masing kelompok. Masing – masing kelompok akan berdiskusi sesuai materi yang diberikan. Ketika kelompok pertama menjelaskan hasil diskusi kelompok 2 menjadi pendengar dan harus bisa mengulang kembali apa yang dijelaskan oleh kelompok pertama. Kelompok yang tidak tepat menjelaskan kembali akan diberikan hukum

8.      Metode Developing
Guru membagi peserta menjadi beberapa kelompok, masing – masing kelompok terdiri dari 2 orang. Setiap kelompok mencatat kosa kata yang sulit dipahami atau kata – kata yang penting. Setelah itu kata – kata tersebut di list dan dicatat kemudian dikumpulkan. Setelah itu dibagikan kepada kelompok lain untuk di diskusikan dan dikembangkan. Kemudian list tersebut akan diberikan kembali pada kelompok awal yang menlist kosakata untuk dipahami kembali. Apabila kelompok awal masih kurang jelas akan diajukan pertanyaan kepada kelompok yang sudah mengembangkan. Guru akan memberikan simpulan untuk kegiatan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar